halooo semua, ketemu lg dengan sayaaaa
kali ini blog yang saya buat membahas tentang modul reporting. jadi saya membahas semua tugas bizagi yang telah dibuat oleh kelompok saya. baik langsung saja yaaaa
1. modul tentang HR-Payroll
Dalam modul Payroll ini sistemnya sebagai berikut muali dari Absensi seluruh Karyawan yang sudah berupa rekapan per hari, pada tanggal cut off sudah diperiksa ulang tentang kebenarannya dan siap dijadikan data penggajian.
Departemen HRD (bagian Payroll) menerima data kehadiran yang sudah valid untuk diproses penggajiannya orang per orang. Departemen HRD (bagian Pajak Pph 21) menghitung atau mengoreksi pajak gaji baik yang gajinya ada kenaikan, atau yang ada perubahan status keluarga (tambah anak atau dari bujang menjadi kawin dan lain-lain). Departemen HRD (bagian Payroll) setelah menerima rekapan revisi perhitungan pajak gaji dari bagian pajak, membuat Slip gaji dan daftar Gaji seluruh Karyawan untuk dikoreksi dan dimintakan tanda tangan Manajer HRD. Departemen Keuangan menerima Daftar Gaji dan Slip Gaji seluruh Karyawan dari Dept HRD untuk dikoreksi secara menyeluruh baik perhitungan gaji take home pay-nya masing-masing karyawan maupun perhitungan pajak gajinya. Apabila Departemen Keuangan menemukan ada kesalahan hitung atau salah ketik, harus segera mengembalikannya ke Dept HRD atau cancel Apabila Dept. Keuangan hasil evaluasinya tidak menemukan kesalahan pada Daftar Gaji/Slip Gaji tersebut, maka wajib menanda-tanganinya dan membuat cek tunai/bilyet giro sebesar jumlah gaji seluruh Karyawan lalu menyerahkannya kepada Pimpinan Perusahaan. Pimpinan Perusahaan menerima dan menanda tangani Daftar Gaji seluruh Karyawan dan cek tunai/bilyet giro untuk tranfer gaji Karyawan via Bank yang ditunjuk. Bank yang ditunjuk menerima daftar gaji dan cek/bilyet transfer ke rekening pribadi masing-masing Karyawan pada tanggal yang telah ditentukan. Karyawan pada tanggal penggajian yang telah ditentukan, mengambil gajinya melalui kartu ATM Bank yang ditunjuk, dengan rentang waktu selama 24 jam per hari.
2. modul tentang Proses Bisnis Purchasing
3. modul tentang Bisnis Proses Modul Akutansi Pajak
Soal ini hanya menyempurnakan dari tugas sebelumnya :
level 1 : SPC (supplier – Perusahaan - customer) - Putih
level 2 : P → sales – purchase – accounting – HRD - hijau
Level 3 : detail masing2 modul – (bisnis proses) - biru
Level 4 : Odoo – Menu utama – sub menu (sub bisnis proses) - kuning
Level 5 : Odoo – transaksi – form (screen shoot odoo) – pink
Peranan akuntansi pajak:
1. Merencanakan strategi perpajakan bagi perusahaan.
2. Menganalisa serta memprediksi potensi pajak yang akan ditanggung perusahaan di
waktu mendatang.
3. Mengimplementasikan perlakuan akuntansi atas peristiwa aktivitas perpajakan serta
menyajikan didalam laporan keuangan fiskal maupun laporan keuangan komersial.
4. Mendokumentasikan dan mengarsipkan perpajakan dengan sangat baik serta
dijadikan bahan pemeriksaan/penilaian kembali dan evaluasi.
Berikut Peta Bisnis Proses Pajak Penghasilan (PPh) yang dilakukan tiap tahun:
4. modul tentang accounting and finance
1. yang pertama atau awalannya adalah mulai dari sales yang mengrim berupa data atau brosur kepada purcase melalu email purchase menerima data.
2. setelah itu purchase menerima data dan memeriksa data keperluan yang dibutuhkan setelah itu purchase mencocokkan dengan kebutuhan PT.Kita yang dibutuhkan.
3. setelah itu purchase membuat RFQ dan dikirim ke sales
4. sales menerima data dari purchase dan membuat quantation
5. lalu purchase membuat bahan atau data orderan yang akan di kirim ke accounting
6. Accounting menerima setelah itu memeriksa setelah sudah baik maka akan di kirim kembali ke purchase setelah purchase menyelesaikn tugas nya makan accounting atau saya melakukan atau membuat data invoice
7. setelah itu menyimpan data dan langsung membuat payment dan setelah itu di masukkan ke penerima dan si pengirim data
8. setelah itu Accounting menerima payment
5. modul tentang Website
Level 1 = Connector > Proses Melakukan Permintaan > Proses Menerima Permintaan Dari Pengguna > Proses setelah melalui Connector Konfirmasi Detail Website yang perlu di perbaharui > Decision > yes > Proses Pembuatan atau pembaharuan website. FINISH
Level 2 = Proses Melakukan Permintaan > Proses Menerima Permintaan Dari Pengguna > Proses setelah melalui Connector Konfirmasi Detail Website yang perlu di perbaharui > Decision > yes > Proses Pembuatan atau pembaharuan website. FINISH
Level 3 = Proses setelah melalui Connector Konfirmasi Detail Website yang perlu di perbaharui > Decision > yes > Proses Pembuatan atau pembaharuan website.
6. modul tentang CRM (Customer Relation Mgt) / Marketing
RM adalah sebuah strategi bisnis yang berbasis kostumer, seperti strategi bisnis lainnya tujuan akhir dari CRM adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan pendapatan. Sedangkan tujuan utama dari CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa teknologi yang melatarbelakangi CRM diantaranya adalah mendapatkan, menyimpan, analisis terhadap kostumer, vendor, partner, dan proses informasi internal.
7.modul tentang Purchasing
Puchasing merupakan salah satu fungsi yang sangat penting dalam Manajemen
Material, Selain dilibatkan dalam pembelian Material untuk kegunaan Produksi,
Purchasing juga bertugas dalam pencarian dan pembelian mesin-mesin produksi,
peralatan dan perlengkapan produksi berserta fasilitas-fasilitas lainnya yang
mendukung kelancaran proses produksi.
8. modul tentang Bisnis Proses HRD
Proses 1 menjelaskan tentang : open recruitment > penerimaan karyawan > absensi > cuti > libur >
penilaian. Setelah melakukan proses 1 tahap berikutanya adalah proses2
Proses 2 mejelaskan tentang : lamaran > mempunyai 2 jawaban yaitu yes: Interview no: Eleminasi >
negosiasi gaji > bonus > lanjutan dari absensi: yes > hadir no > tidak hadir dan surat pengajuan >
kehadiran.
Proses 3 menjelaskan lanjutan dari tahapan proses 2 : interview > psikotes yes: calon employee no:
eleminasi , calon new employee mempunyai lanjutan dari deal employee yaitu dengan jawaban yes
dari hasil tanda tangan kontrak dan no dari eleminasi , cuti > dengan penjelasan dari absensi > di
izinkan dan tidak d izinkan , proses d izinkan mempunyai arti dari cuti & libur , surat pengajuan ,
keperluan pribadi. Hasil penilaian berlanjut ke > kehadiran > terlembat > jarang atau tidak pernah
dengan arti > baik dan > tidak baik (teguran)
9. Modul Sales
10. Modul Setting/Admin
Pada Modul/ Setting akan membahas tentang semua pekerja yang tercatat sebagai karyawan pada perusahaan tersebut. Bagian bagian yang terdiri dari bisnis proses admin yaitu :
11. Modul e-Commerce
Saat kegiatan purchase order dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara hutang dagang (account payable) karena perusahaan membeli barang secara kredit untuk dijual kembali. Lalu dari account payable, proses berlanjut dengan pembuatan laporan laba rugi (income statement). Dan dapat dilanjutkan juga dengan pembuatan neraca (balance sheet) lalu oleh penyedia data ditampilkan tentang biaya perusahaan secara mendetail (cost accounting), seperti biaya overhead, biaya tenaga kerja, penjualan dan/atau laba bersih. Dari situ dilanjutkan dengan membuat financial report dan diserahkan kepada account section head dengan memberi laporan lagi kepada yang berwenang, yaitu financial & accounting manager. Dari manager tersebut laporan diserahkan kepada CEO perusahaan dan selesai prosesnya. Atau dapat juga dilakukan pembuatan account statement setelah proses account payable.
12. Modul Messaging
Penjelasan Business Process Modul Messaging
mungkin cukup sekian tugas reporting yang bisa saya jelaskan, banyak yg masih saya kurang pahami. sampai bertemu di blog selanjut nya...
see yaa....
2.Setelah karyawan terdaftar maka akan diberikan ID login untuk Odoo
3.Karyawan dapat menggunakan fitur tersebut untuk bersurel atau berpesan singkat seperti layaknya aplikasi messaging Ms. Outlook dan Yahoo Messanger