Selasa, 14 Maret 2017

#UPERP9T01 B TUGAS 2 - Review blog kedua

haloo semuaa....
pada blog kali ini saya akan mereview blog kedua yang saya baca : http://aang-uperp20132.blogspot.co.id/

pada penjelasan pertama penulis menulis tentang openERP, seperti sejarah, pengertian, keunggulan dan kelebihan nya. seperti yang telah dituliskan sebagai berikut

1.   Sejarah OpenERP


OpenERP yang dulunya bernama Tiny ERP ditulis dengan Bahasa Python oleh sebuah perusahaan yang bernama Tiny SPRL di Belgia. OpenERP menawarkan banyak keunggulan dibanding program aplikasi sejenis diantaranya tiga tingkat arsitektur web, kemudahan penggunaan dan fleksibilitas.
Dengan lebih dari 1000 download per hari, OpenERP adalah sistem ERP yang paling dikagumi dan memiliki perkembangan tercepat di dunia dan merupakan solusi perangkat lunak manajemen gratis open source. Perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di seluruh dunia, kini dianjurkan untuk menggunakan ERP.
Pada bulan Desember 2009, Indonesia secara resmi telah sepakat untuk membangun kerjasama dengan Tiny SPRL Belgia untuk mengembangkan OpenERP versi Indonesia. Kesepakan terjadi di Kantor Tiny SPRL Belgia setelah melakukan serangkaian pengujian sytem selama kurang lebih 2 minggu, mulai dari kemampuan Open ERP secara fungsional maupun secara teknis dan dukungan (support).

OpenERP dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python memisahkan komponen server dan klien yang semuanya mengadopsi lisensi bebas GPL. Versi terakhir OpenERP v6 saat ini berstatus beta yang dirilis akhir tahun (Desember 2010).
2.                   Pengertian OpenERP
OpenERP adalah sebuah perangkat lunak manajemen perusahaan berbasis Open Source yang merupakan salah satu dari aplikasi ERP yang praktis dan mudah digunakan, yang dirancang untuk mengatasi kebutuhan perusahaan dan proses, serta membantu meningkatkan kinerja bisnis.
3.                   Keunggulan dan Kelemahan OpenERP
Open ERP memiliki keunggulan dibandingkan software-software ERP lainnya dalam hal fitur-fitur yang tersedia, kustomisasi, fleksibilitas dan kualitas yang ditawarkan.
Berikut kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Open ERP :
1.     Akses informasi yang dapat dipercaya
2.     Menghindari redundansi dari pemasukan data dan operasi
3.     Mengurangi waktu jeda waktu penampilan informasi dan laporan
4.     Pengurangan biaya, penghematan waktu, dan peningkatan kontrol dengan analisis skala enterprise
5.     Modul CRM (Customer Relationship Management) dan EDI
Adapun kelemahan OpenERP :
1.     Program aplikasi OpenERP banyak memberikan pilihan konfigurasi, hal ini menyulitkan untuk menentukan cara tertentu/terbaik
2.     OpenERP dikembangkan oleh komunitas, maka setiap saat program ini banyak mengalami perubahan dan perbaikan
3.     tinyERP/OpenERP yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Phyton komunitasnya belum terlalu banyak/masih sangat kecil sehingga kalau ada masalah sulit mencari support
6.                   Target Penggunaan OpenERP
Open ERP ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki ambisi dan keinginan Untuk meningkatkan performansi dalam bidang manajemen. Sistem manajemen ini dapat membantu dan mempermudah segala hal yang berkaitan dengan manajemen. Open ERP tidak membatasi jenis, kategori dan skalabilitas perusahaan-perusahaan yang akan menggunakannya karena Open ERP dapat diaplikasikan baik pada bidang, sektor, maupun skala apapun.


      Pada Tugas ke-6 (UTS ERP) pada kali ini kita akan membuat tutorial untuk menginstalasi software ERP, dan software yang kita gunakan adalah OpenERP 7.0 all-in-one. Software OpenERP ini adalah salah satu software Enterprice Resource Planning yang bersifat open source (gratis), merupakan salah satu dari aplikasi ERP yang praktis dan mudah digunakan, yang dirancang untuk mengatasi kebutuhan perusahaan dan proses, serta membantu meningkatkan kinerja bisnis. Selain itu OpenERP ini dapat di beroperasi di operating system Windows, Linux, dan Mac OS. 


okee mungkin cukup sekian review blog kedua yang saya buat sampai ketemu di blog selanjutnya...... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar